KETERAMPILAN BARU DAMPAK TEKNOLOGI DIGITAL

TIPS MENGADOPSI OKR UNTUK STARTUP
Februari 5, 2022
OKR & KPI INTEGRATION
Februari 22, 2022

Businessman pointing at his presentation on the futuristic digital screen

Saat ini hampir seluruh aspek dalam bisnis dipengaruhi oleh kemajuan teknologi digital. Kondisi di mana teknologi berkembang, bermutasi, dan beradaptasi, terutama sepanjang tahun 2020 membuktikan bahwa gelombang teknologi tidak dapat dihindari. Pengelolaan teknologi yang tepat mampu memberikan manfaat terhadap organisasi, seperti komunikasi yang lebih cepat serta peningkatan efisiensi, produktivitas, dan transparansi. Namun, sebelum menikmati kemudahan teknologi tersebut, perusahaan akan menjumpai beberapa tantangan, contohnya bagaimana memilih teknologi yang tepat, beradaptasi dengan teknologi baru, dan kebutuhan akan keterampilan baru dalam mengelolanya.

Salah satu kunci keberhasilan untuk bertahan di era digital ini adalah memastikan bahwa SDM cakap dalam mengadopsi, memanfaatkan, serta mengelola teknologi. Tahun 2021, Gartner menyatakan bahwa 58% karyawan membutuhkan keterampilan baru untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Untuk mempersiapkan sumber dayanya, organisasi dapat menyediakan program-program pengembangan diri berbasis keterampilan. Program pengembangan keterampilan yang efektif mampu memberikan dampak signifikan bagi organisasi, seperti peningkatan retensi dan meningkatkan kinerja karyawan.

Ada banyak keterampilan berbasis teknologi yang dapat memberikan dampak bagi kemajuan kinerja. Beberapa di antaranya, seperti:

  • Cloud Computing

    Cloud computing adalah istilah umum untuk apa pun yang melibatkan layanan melalui internet. Dengan kemampuan pengelolaan cloud, kesenjangan bakat digital dapat dipersempit dan produktivitas juga dapat ditingkatkan. Selain itu, karyawan juga harus memahami etika digital, layanan kepatuhan, dan faktor keamanan siber yang terlibat dalam lanskap digital saat ini.

  • Big Data Analysis

    Big data analysis adalah proses menganalisa, mengidentifikasi tren, dan membuat kesimpulan dari berbagai macam data yang ada sehingga dapat menghasilkan informasi penting yang dapat digunakan manajemen untuk mengambil keputusan yang tepat dan sesuai dengan kondisi yang ada. Big data merupakan komponen penting bisnis yang dimulai dari menargetkan pelanggan baru hingga membuat keputusan bisnis tentang produk, keuangan, dan yang lainnya.

  • Programming

    Programming adalah penggunaan bahasa coding untuk membuat aplikasi, mengembangkan situs web, dan menghasilkan konten digital. Selain keterampilan mengelola dan menggunakan perangkat lunak, saat ini banyak pekerjaan membutuhkan keterampilan programming. Ragam konten atau aplikasi digital yang dihasilkan dari keterampilan programming diharapkan membawa organisasi lebih maju dan mampu bersaing dalam tren digitalisasi.

  • Fleksibilitas

    Sebagian besar organisasi pasti mengalami perubahan, terutama yang berhubungan dengan teknologi. Bahkan, menurut penelitian Manpower Group (2015), 74% bisnis di Inggris telah mengalami restrukturisasi dalam lima tahun terakhir. Ketidakpastian lingkungan bisnis menyebabkan prediksi perubahan tidak selalu akurat sehingga perusahaan memerlukan fleksibilitas di mana fleksibilitas merupakan kemampuan untuk menjadi responsif, tangguh, dan berani dalam menghadapi perubahan. Kompetensi ini diperlukan agar karyawan mampu beradaptasi dengan berbagai tuntutan yang tidak terduga di tempat kerja.

Menurut IBERDROLA (2022) jumlah karyawan dengan keterampilan-keterampilan berbasis teknologi ini masih belum memenuhi permintaan di dunia kerja. Dalam upaya untuk mengisi kesenjangan ini, perusahaan memerlukan karyawan dengan keterampilan baru. Fenomena kesenjangan kerja ini dapat diatasi dengan program upskilling dan reskilling yang efektif.  

Referensi:
https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/14480220.2019.1629727
https://www.peoplematters.in/article/skilling/5-most-in-demand-skills-for-2022-that-you-cannot-miss-32225
https://www.indiatoday.in/education-today/jobs-and-careers/story/5-most-employable-skills-for-2022-and-how-you-can-build-a-career-in-each-1893344-2021-12-28
https://www.gartner.com/en/newsroom/press-releases/2021-02-03-gartner-hr-research-finds-fifty-eight-percent-of-the-workforce-will-need-new-skill-sets-to-do-their-jobs-successfully
https://www.topuniversities.com/student-info/careers-advice/future-skills-youll-need-your-career-2030
https://www.forbes.com/sites/bernardmarr/2019/04/29/the-10-vital-skills-you-will-need-for-the-future-of-work/?sh=67b2150d3f5b
https://www.iberdrola.com/talent/reskilling-upskilling