PESTLE ANALYSIS DALAM PERENCANAAN STRATEGIS

EMPLOYEE ENGAGEMENT DALAM TEORI MASLOW
Februari 5, 2018
PORTER’S FIVE FORCES:
5 FAKTOR YANG MEMPENGARUHI POSISI BISNIS ANDA
Februari 19, 2018

Sebagai pelaku bisnis, perusahaan selalu mempertimbangkan segala faktor yang berdampak pada bisnis. Mungkin perusahaan memiliki tim yang berdedikasi dan handal dalam pekerjaannya, namun bagaimana perusahaan memastikan bahwa strategi yang dirancang sudah relevan dan efektif? Di sisi lain, kondisi eksternal perusahaan selalu bergerak dinamis dan sulit ditebak. Dalam hal ini, PESTLE Analysis dapat memberikan solusi untuk menganalisis faktor eksternal perusahaan.

PESTLE (Political, Economical, Social, Technological, Legal and Environmental) Analysis membantu memberikan gambaran yang luas mengenai lingkungan bisnis secara menyeluruh melalui berbagai sudut pandang. Selain itu, gambaran ini juga akan membantu organisasi merancang sebuah perencanaan yang kompetitif, bahkan melebihi kompetitor. Kemudian, hasil PESTLE Analysis ini dapat dihubungkan dengan SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities and Threat) untuk melihat berbagai keunggulan serta peluang yang tersedia bagi organisasi untuk berkembang, serta ancaman apa saja yang perlu diantisipasi atau diminimalisir agar semakin kompetitif dalam sektor bisnis yang ditekuni.

(BACA JUGA: ANALISIS PESTEL SEBAGAI ALAT KESUKSESAN BISNIS)

Ajukan Pertanyaan yang Tepat

Berikut adalah beberapa hal penting untuk dipertimbangkan saat melakukan PESTLE Analysis:

  1. Seperti apakah situasi politik negara saat ini dan bagaimana hal tersebut akan berdampak pada bisnis saya?
  2. Seperti apakah faktor dan kondisi ekonomi general saat ini yang dapat berdampak pada bisnis saya?
  3. Seperti apakah pengaruh budaya atau tren gaya hidup terhadap pasar? Bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi bisnis saya?
  4. Inovasi teknologi seperti apa sajakah yang dapat muncul dalam masyarakat? Dan bagaimana hal tersebut akan berdampak pada struktur pasar?
  5. Undang-undang apa sajakah yang berlaku dalam sektor industri bisnis saya? Dapatkah terjadi perubahan dalam undang-undang tersebut?
  6. Apa yang dapat dilakukan oleh organisasi saya untuk memenuhi standar pelestarian alam yang berlaku dalam sektor industrinya?

Tanpa adanya analisis, prediksi dan pertimbangan mengenai faktor-faktor eksternal tersebut, maka akan susah bagi organisasi Anda untuk membuat strategi yang dapat mengatasi segala tantangan dan perubahan yang terjadi pada sektor bisnis Anda. Pada akhirnya, sebagai sebuah pertimbangan yang krusial dalam perencanaan strategis, PESTLE Analysis akan membantu organisasi Anda menyusun sebuah manajemen strategis yang realistis dan sesuai dengan keadaan eksternal organisasi yang sesungguhnya.

(BACA JUGA: CARA BISNIS MENANGGULANGI POLITIK YANG TIDAK STABIL)