What is Strategic Management?

Menurut Michael E. Porter (1996), strategi adalah penciptaan posisi yang unik, bernilai, dan melibatkan serangkaian aktivitas yang berbeda. Strategi memerlukan pemikiran tentang masa depan dan tindakan yang efektif untuk mewujudkannya. Strategic Management merupakan proses menetapkan tujuan, analisis lingkungan internal dan eksternal organisasi, dan mengembangkan rencana untuk mencapai tujuan sehingga organisasi dapat mencapai cita-cita luhurnya dalam lanskap bisnis yang dinamis dan kompetitif.

Proses mengelola strategi, mulai dari formulasi, eksekusi dan evaluasi ini dinamakan strategic management, yaitu proses yang berkelanjutan dan dinamis yang membutuhkan penilaian dan adaptasi terus menerus terhadap perubahan lingkungan bisnis. Strategic management yang efektif dapat memberikan keunggulan kompetitif dan mengarah pada pertumbuhan dan kesuksesan yang berkelanjutan bagi organisasi. Tidak heran bahwa strategic management sering diinisiasi oleh manajemen puncak karena sifatnya yang berjangka panjang dan krusial.

Bila strategic management dikerucutkan dalam satu kata, maka ada tiga kata yang mewakili proses strategic management:

  • Analysis: Strategi melibatkan proses penilaian yang sistematis dalam menilai lingkungan internal dan eksternal organisasi untuk memahami posisi, kemampuan, dan lanskap kompetitif saat ini. Tujuan analisis strategi adalah untuk mengumpulkan wawasan yang memandu pengembangan, pemilihan, dan penerapan strategi yang efektif. Analisis strategi akan memimpin perumusan dan adaptasi strategi dari waktu ke waktu. Dengan memahami secara menyeluruh konteks internal dan eksternal organisasi, pengambil keputusan dapat membuat pilihan berdasarkan informasi yang mengarah pada keunggulan kompetitif dan kesuksesan jangka panjang.
  • Decision: Decision atau keputusan yang dimaksudkan dalam strategi berkaitan dengan arah dan tujuan organisasi, serta bagaimana cara mencapainya. Dalam manajemen strategis, keputusan merupakan hal terpenting dalam strategic management karena keputusan ini memiliki dampak yang signifikan dan progresif terhadap keberhasilan keseluruhan dan masa depan organisasi. Keputusan soal strategimembutuhkan analisis dan pertimbangan yang cermat. Untuk menghasilkan analisis yang tepat, organisasi sering kali melibatkan masukan berbagai pemangku kepentingan, seperti eksekutif, anggota dewan, karyawan, dan terkadang konsultan atau penasehat eksternal. Ketidakmampuan dalam membuat keputusan sering membuat organisasi dalam kondisi tidak berdaya dan lambat dalam mengantisipasi perubahan.
  • Action: Action atau tindakan berbicara mengenai bagaimana kita mengeksekusi semua keputusan strategis yang sudah dibuat. Tindakan strategis ini membuat organisasi dapat mencapai atau mempertahankan keunggulan kompetitif, menjaga kelangsungan hidup organisasi, dan memanfaatkan aspek internal dan eksternal organisasi untuk menempatkan organisasi pada posisi yang lebih baik daripada kompetitornya. Dalam strategic management, action mengacu pada implementasi langkah dan inisiatif spesifik dalam mencapai tujuan jangka panjangnya. Ini adalah langkah praktis dan nyata yang menerjemahkan strategic decision menjadi kenyataan. Tindakan ini diwujudkan di berbagai tingkat organisasi dan melibatkan berbagai departemen dan individu yang bekerja sama untuk melaksanakan strategi secara efektif. Action membutuhkan kepemimpinan, perencanaan, komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi yang efektif di seluruh organisasi.

Referensi:

https://hbr.org/1996/11/what-is-strategy

https://www.investopedia.com/terms/s/strategic-management.asp

https://www.techtarget.com/searchcio/definition/strategic-management

https://www.managementstudyguide.com/strategic-management-process.htm

Recommended Posts