Pemetaan kompetensi adalah platform untuk membandingkan tingkat keterampilan yang ada sekarang dan yang diinginkan serta kompetensi individu yang diperlukan untuk melakukan tugas secara efektif dan efisien. Peta kompetensi sering disebut sebagai profil kompetensi atau profil keterampilan. Selain itu, juga didefinisikan sebagai cara dalam mengukur kekuatan dan kelemahan dari suatu pekerja atau perusahaan sehingga sangat penting untuk membuat peta kompetensi oleh pimpinan dan jajaran manajemen untuk mengidentifikasi keterampilan dan kekuatan setiap karyawan, sekaligus untuk mengetahui bagaimana kelebihan setiap karyawan dikombinasikan untuk mendapatkan kualitas yang terbaik.
Beberapa manfaat pembuatan peta kompetensi karyawan yaitu:
- Meningkatkan kesadaran diri dan membantu karyawan dalam manajemen karir
- Mengidentifikasi pemimpin baru dan organisasi pendukung dalam perencanaan suksesi
- Membantu dalam membuat keputusan promosi dan mobilitas internal yang lebih akurat
- Membantu dalam manajemen kinerja karyawan, departemen individu dan organisasi secara keseluruhan
- Menyediakan ruang untuk merancang intervensi pelatihan yang diarahkan pada tujuan
- Membantu dalam evaluasi pekerjaan
- Mengembangkan tenaga kerja yang kompeten dengan membuat rekrutmen dan seleksi terstruktur dan obyektif
- Menyediakan laporan analisis kesenjangan yang membantu dalam semua proses HR yang tercantum di atas
Berikut 6 langkah pembuatan peta kompetensi karyawan yang efektif:
- Identifikasi keterampilan dari deskripsi pekerjaan. Setiap sumber daya memiliki seperangkat deskripsi tugas yang ditentukan. Identifikasi keterampilan dari deskripsi pekerjaan yang dijelaskan.
- Kelompokkan semua keterampilan di seluruh organisasi. Ulangi proses departemen yang disebutkan di atas secara bijaksana. Bicaralah dengan para manajer dan semua sumber daya, kemudian daftar setiap keterampilan yang berkontribusi terhadap kinerja tugas yang efektif.
- Frame kategori keterampilan dan masukkan keterampilan ke dalam kategori. Tentukan kategori yang sesuai untuk organisasi Anda. Ini mungkin bergantung pada industri organisasi, produk, kekuatan, dan basis klien Anda juga. Contoh: teknis, perilaku dan proses, adalah beberapa kategori yang umum. Gunakan akal sehat Anda dan tetapkan setiap keterampilan yang dimasukkan ke dalam kategori yang sesuai.
- Siapkan kamus keterampilan dan pahami levelnya. Seperti namanya, itu adalah kamus yang dijelaskan dari setiap keterampilan yang telah disebutkan di atas. Jelaskan tingkat deskripsi yang bijaksana dari setiap keterampilan. Anda dapat memilih kamus tiga atau empat level. Level 1 menjadi terendah, level 2 adalah Needs improvement, level 3 sedang dan level 4 bagus. Menetapkan sumber daya untuk level ini menggambarkan tingkat pengetahuan dan pengetahuan mereka saat ini dalam keterampilan tertentu.
- Identifikasi Gap dan terjemahkan. Kesenjangan antara aktual dan yang diinginkan adalah sumber identifikasi kebutuhan Pelatihan. Pahami celah dan perbaiki dengan pelatihan dan penjadwalan seminar yang tepat.
- Petakan sumber daya lagi. Pemetaan kompetensi adalah proses yang berulang terus. Jika, setelah evaluasi dua fase, sumber daya telah meningkat, maka tingkat keterampilan yang sebenarnya ditingkatkan dan juga yang diinginkan.
Referensi:
https://competencydefinition.com/benefits-of-competency-mapping.html
https://www.google.com/amp/s/m.wikihow.com/Do-Competency-Mapping-in-an-Organization%3famp=1?espv=1