Software Development

Software bisnis adalah software yang digunakan untuk tujuan bisnis. Lebih khusus, istilah ini sering digunakan untuk software yang membantu bisnis dalam mencapai tujuan tertentu melalui prinsip-prinsip terapannya yang didukung dari penggunaan software.

Software Development mengacu pada serangkaian aktivitas di bidang ilmu komputer, dari proses menyusun, menentukan, merancang, memprogram, mendokumentasikan, menguji, dan memperbaiki bug yang terlibat dalam pembuatan dan pemeliharaan aplikasi, kerangka kerja, atau komponen software lainnya. Kegiatan ini juga melibatkan penulisan dan pemeliharaan kode sumber. Pada umumnya software development merupakan proses yang terencana dan terstruktur. Terkadang, software development juga melingkupi kegiatan: penelitian, pengembangan baru, pembuatan prototipe, modifikasi, penggunaan kembali, rekayasa ulang, pemeliharaan, atau aktivitas lain apa pun yang menghasilkan produk software.

Software Development

Tiga tipe dasar software

 

  • Software sistem untuk menyediakan fungsi inti, seperti sistem operasi, manajemen, utilitas, manajemen hardware, dan kebutuhan operasional lainnya.
  • Software program sebagai alat untuk membantu memproses data, seperti editor teks, compiler, tautan, debugger, dan alat lain untuk membuat kode.
  • Software aplikasi untuk membantu pengguna melakukan tugas, seperti rangkaian produktivitas kantor, manajemen data, pemutar media, dan program keamanan.

Menggunakan platform yang dibangun dengan baik dapat menghasilkan peningkatan pendapatan yang besar

desktop-smartphone-app-development_23-2148683810

Manfaat yang dapat diperoleh bisnis dari software development yang tepat, yaitu:

  • Membawa bisnis ke tingkat integrasi yang baru.

    Meningkatkan aksesabilitas perusahaan dari mana saja dan hampir melalui apa saja, seperti smartphone atau komputer.

  • Meningkatkan penjualan dan layanan.

    Cara pelanggan Anda mengalami bisnis Anda sangat penting. Apakah Anda ingin mereka memberi Anda umpan balik positif? Maka Anda tidak dapat menghindari memiliki platform online untuk memudahkan mereka menjangkau layanan dan produk Anda.

  • Menerapkan marketing yang lebih fleksibel.

    Kegiatan pemasaran dan promosi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa biaya tambahan serta waktu ekstra yang dibutuhkan. Tidak masalah di mana pelanggan Anda berada. Mereka dapat mengakses iklan Anda kapan saja dan dari mana saja.

  • Meningkatkan customer engagement.

    Seperti halnya bisnis lainnya, Anda mungkin ingin memiliki pelanggan setia. Bagaimana Anda harus meningkatkan jumlah pelanggan seperti itu? Bekerja pada strategi pemasaran online. Tingkatkan keterlibatan pelanggan melalui situs web dan aplikasi dan buat mereka selalu kembali kepada Anda, bukan ke pesaing Anda.

  • Komunikasi langsung.

    Strategi lain apa pun tidak dapat memberi Anda peluang komunikasi langsung dengan pelanggan pada tingkat yang sama seperti ini. Komunikasi langsung dengan pelanggan Anda adalah cara tercepat untuk meningkatkan merek Anda.

Tips Menerapkan Software Profesional

  • Nilai dan tentukan kebutuhan profesional terkait elemen yang diinginkan atau dibutuhkan dari software. Ini akan membantu Anda untuk mengidentifikasi kebutuhan software yang tepat, sesuai dengan kemampuan Anda, sembari mendapatkan semua fungsi yang diperlukan.
  • Pahami keterampilan Sumber Daya Manusia, terutama di tingkat teknis. Dengan memilih software berdasarkan keterampilan, organisasi mungkin dapat menemukan software yang lebih terjangkau, tanpa fitur lanjutan dalam opsi yang lebih mahal, namun masih dapat menghasilkan kualitas yang baik.
  • Perhatikan lisensi. Produsen perangkat lunak membuat produnya tersedia di bawah berbagai lisensi penggunaan yang menentukan apa saja yang dapat pengguna lakukan dengan software tersebut. Pastikan lisensi software sesuai dengan penggunaan bisnis Anda.
  • Cari promo bundel untuk menghemat pengeluaran. Bundel software adalah penawaran penjualan di mana Anda membeli beberapa software sekaligus dan mendapat potongan harga.
  • Pertimbangkan software sebagai layanan. Jika teknologi bukan keunggulan utama, perusahaan dapat mempertimbangkan opsi layanan software berlangganan.  Ini dapat berpotensi menurunkan biaya di muka dan menghemat uang untuk produk yang digunakan hanya dalam waktu singkat.

Software Komersial vs Hak Milik

Jadi, organisasi telah mengidentifikasi kebutuhannya terhadap software baru. Kebanyakan organisasi tahu apa yang mereka inginkan terhadap apa yang dapat dilakukan software, tetapi apakah organisasi cukup yakin mendapatkan apa yang dibutuhkan?

Terdapat dua jenis software: Komersial dan Hak Milik

Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan dan Kekurangan Software Komersial

 

KELEBIHAN KEKURANGAN
Biaya di muka yang lebih rendah Bergantung pada software developer
Teknologi yang lebih kokoh Terdapat biaya bergilir
Dokumentasi yang lebih baik Solusi yang ditawarkan tidak optimal

Kelebihan dan Kekurangan Software Hak Milik

 

KELEBIHAN KEKURANGAN
Kebutuhan fitur sesuai dengan kebutuhan Biaya di depan lebih tinggi
Biaya total kepemilikan lebih rendah Membutuhkan waktu dan upaya besar
Terintegrasi dengan sistem bisnis Pengelolan dokumentasi mandiri
Memberikan nilai tambah Membutuhkan tenaga  support IT