INNOVATION DIAMOND DAN STRATEGI UNTUK KEBERHASILAN INOVASI

Akhir-akhir ini banyak tumbuh bisnis dengan inovasi baru di Indonesia. Inovasi-inovasi ini berdampak signifikan pada pertumbuhan penjualan. Namun penciptaan inovasi di Indonesia bukan tanpa hambatan. Sebanyak 27,4% inovasi di Indonesia gagal sebelum mencapai tahap peluncuran. PPM Manajemen berhasil mengidentifikasi penyebab kegagalan inovasi bisnis di Indonesia, antara lain:

  • Kurangnya SDM yang kompeten di bidang inovasi
  • Pasar yang sudah didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar
  • Kurangnya informasi tentang perkembangan teknologi dan perkembangan zaman
  • Biaya pelaksanaan inovasi yang terlalu tinggi

Untuk meningkatkan keberhasilan inovasi, dapat menggunakan innovation diamond oleh Product Development Institute, Inc. yang mencakup 4 syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. Adanya strategi inovasi yang berfokus pada area yang tepat

    Menempatkan strategi inovasi produk dan teknologi di area yang tepat dengan didorong oleh para pimpinan dan visi strategis dari perusahaan. Strategi ini akan memandu arah inovasi dan membantu mengarahkan alokasi sumber daya dan pemilihan proyek.

  1. Menyediakan sumber daya untuk investasi pada portofolio proyek inovasi yang optimal

    Sediakan sumber daya yang cukup untuk melaksanakan proyek baru secara efektif yang akan meningkatkan sistem manajemen portofolio yang efektif. Sistem manajemen portofolio ini akan membantu para pimpinan memfokuskan sumber daya pada area strategis yang tepat dan pada proyek yang bernilai tinggi.

  1. Menciptakan sistem manajemen proyek inovasi dari pengembangan ide sampai peluncuran

    Sistem atau proses yang mendorong proyek produk baru dari pengembangan ide sampai peluncuran. Sistem ini menekankan pada kualitas eksekusi, tugas utama, masukan dari pelanggan, dan pembuatan keputusan yang tepat.

  1. Menciptakan iklim, budaya, dan struktur organisasi serta sistem yang mendukung jalannya inovasi.

    Manajer senior membuat iklim dan budaya yang positif untuk inovasi dan entrepreneurship, mendorong tim lintas fungsi yang efektif, dan terlibat sendiri dalam proses pengambilan keputusan.

Memilih strategi inovasi yang tepat bisa mewujudkan inovasi yang berhasil, antara lain:

  • Prospector : menjadi yang paling depan di bidang inovasi
  • Analyzer : menjadi pengikut yang cepat
  • Defender : mempertahankan posisi aman dengan menawarkan kualitas dan layanan  unggul serta harga rendah
  • Reactor : bereaksi jika memang sudah merasa ada bahaya

Dengan memenuhi keempat syarat dari innovation diamond dan pemilihan strategi yang tepat, keberhasilan dalam inovasi akan bisa dicapai. Keberhasilan inovasi ini akan mempersiapkan perusahaan Indonesia dalam menghadapi era VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous) dan perkembangan bisnis di Indonesia yang semakin pesat.

 

Referensi:

Saputro Triono. 2018. Mengatasi Hambatan Inovasi Bisnis di Indonesia. Manajemen Agustus 2018.

Cooper, Robert G. and Scott J. Edgett. (2009). Excerpt from Successful Product Innovation: A Collection of Our Best.

Recommended Posts