MISI & VISI DALAM PERENCANAAN STRATEGIS

Misi

Misi adalah tentang apa bisnis kita (what business we are in) dan juga tentang apa yang dijalankan perusahaan dalam mencapai tujuan atau visinya. Pernyataan misi dibentuk dengan tujuan memperjelas apa yang akan organisasi berikan kepada pelanggan dan sebagai panduan bekerja bagi elemen organisasi. Dengan memiliki pernyataan misi, organisasi dapat mendeskripsikan sasaran perusahaan, baik untuk sekarang dan di masa depan.

Pernyataan misi mendiskusikan beberapa pertanyaan, sebagai berikut:

  • Mengapa perusahaan kita ada dalam bisnis ini?
  • Apa tujuan ekonomi kita?
  • Apa filosofi operasi perusahaan dalam hal kualitas, citra, dan konsep diri?
  • Apa kompetensi inti dan keunggulan kompetitif kita?
  • Apa yang pelanggan lakukan & dapatkah kita melayani mereka?
  • Bagaimana kita memahami tanggung jawab terhadap pemegang saham, karyawan, masyarakat, lingkungan, masalah sosial, dan pesaing?

Framework untuk membuat pernyataan misi

Beberapa contoh dalam membangun pernyataan misi:

  • Nike: “To bring inspiration and innovation to every athlete in the world.”
  • Starbucks: “To inspire and nurture the human spirit — one person, one cup and one neighborhood at a time.”
  • Intel: “Delight our customers, employees and shareholders by relentlessly delivering the platform and technology advancements that become essential to the way we work and live.”
  • eBay: “Provide a global trading platform where practically anyone can trade practically anything.”

Visi

Pernyataan visi menggambarkan tujuan strategis perusahaan yang dirancang untuk memfokuskan energi & sumber dayanya dalam mencapai masa depan yang diinginkan. Secara sederhana, pernyataan visi harus dapat menjawab pertanyaan, “Perusahaan ingin menjadi seperti apa di masa depan?” Pada umumnya, visi memiliki kerangka waktu pencapaian dalam 10 – 20 tahun.

Beberapa kriteria penting dalam membuat visi yang efektif, meliputi:

  • Merupakan sesuatu yang diinginkan
  • Bisa dibayangkan
  • Fokus
  • Fleksibel
  • Dapat dikomunikasikan
  • Dapat dicapai

Contoh-contoh pernyataan visi:

  • “To be the most advanced of industry leader of software products, renowned for quality and highly innovative in design.”
  • “To be the world’s top food company, offering nutrient-rich food with superior taste.”
  • “To become the restaurant with the highest growth of branches and visitors in its category.”
  • “To be the first choice in the equipment and vehicle rental business and as a total solution for the mobility business.”

 

Referensi:
Develop Your Strategy’s Mission, Vision & Values. (n.d.). Retrieved from https://onstrategyhq.com/resources/developing-your-strategy/
Hawthorne, M. (2019, March 25). The Purpose of Mission and Vision Statements in Strategic Planning. Retrieved from https://smallbusiness.chron.com/purpose-mission-vision-statements-strategic-planning-13161.html
Dellheim, E. (2019, Nov 8). How To Craft Your Organization’s Destination Statement. Retrieved from Forbes: https://www.forbes.com/sites/forbesbusinesscouncil/2019/11/08/how-to-craft-your-organizations-destination-statement/?sh=42a0ddec77ff

Recommended Posts