Misi adalah tentang apa bisnis kita (what business we are in) dan juga tentang apa yang dijalankan perusahaan dalam mencapai tujuan atau visinya. Pernyataan misi dibentuk dengan tujuan memperjelas apa yang akan organisasi berikan kepada pelanggan dan sebagai panduan bekerja bagi elemen organisasi. Dengan memiliki pernyataan misi, organisasi dapat mendeskripsikan sasaran perusahaan, baik untuk sekarang dan di masa depan.
Pernyataan misi mendiskusikan beberapa pertanyaan, sebagai berikut:
Framework untuk membuat pernyataan misi
Beberapa contoh dalam membangun pernyataan misi:
Pernyataan visi menggambarkan tujuan strategis perusahaan yang dirancang untuk memfokuskan energi & sumber dayanya dalam mencapai masa depan yang diinginkan. Secara sederhana, pernyataan visi harus dapat menjawab pertanyaan, “Perusahaan ingin menjadi seperti apa di masa depan?” Pada umumnya, visi memiliki kerangka waktu pencapaian dalam 10 – 20 tahun.
Beberapa kriteria penting dalam membuat visi yang efektif, meliputi:
Contoh-contoh pernyataan visi:
Referensi:
Develop Your Strategy’s Mission, Vision & Values. (n.d.). Retrieved from https://onstrategyhq.com/resources/developing-your-strategy/
Hawthorne, M. (2019, March 25). The Purpose of Mission and Vision Statements in Strategic Planning. Retrieved from https://smallbusiness.chron.com/purpose-mission-vision-statements-strategic-planning-13161.html
Dellheim, E. (2019, Nov 8). How To Craft Your Organization’s Destination Statement. Retrieved from Forbes: https://www.forbes.com/sites/forbesbusinesscouncil/2019/11/08/how-to-craft-your-organizations-destination-statement/?sh=42a0ddec77ff