Tips Mengembangkan Strategic Planning

Strategic planning merupakan proses sistematis dan terstruktur yang digunakan organisasi untuk menentukan arah jangka panjang secara jelas, menetapkan tujuan, membuat keputusan berdasarkan informasi, mengalokasikan sumber daya, dan menyelaraskan upaya untuk mencapai visi dan misi mereka. Proses ini melibatkan penilaian keadaan organisasi saat ini, memahami peluang dan tantangan lingkungan eksternal, dan merumuskan strategi untuk mencapai hasil masa depan yang diinginkan sehingga akan membantu semua pemangku kepentingan memahami tujuan organisasi. Perencanaan yang terdefinisi dengan baik juga memastikan bahwa pilihan dibuat berdasarkan pertumbuhan organisasi daripada keuntungan jangka pendek semata.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengembangkan strategic planning, antara lain:

  • Membangun tim khusus: Pembangunan tim khusus ini melibatkan pemilihan individu dengan keterampilan, keahlian, dan komitmen yang tepat untuk bekerja sama dalam mengembangkan dan melaksanakan seluruh inisiatif organisasi. Tidak lupa organisasi juga perlu menguraikan dengan jelas peran dan tanggung jawab setiap anggota tim dalam proses strategic planning. Kemudian, lakukan identifikasi posisi kunci, seperti pemimpin tim, fasilitator, analis data, dan pakar materi pelajaran. Setelah itu, identifikasi individu yang memiliki keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan strategic planning. Pertimbangkan juga untuk menyertakan perwakilan dari berbagai departemen atau bidang keahlian untuk memastikan perspektif yang beragam.
  • Menyusun rencana berdasarkan data: Organisasi perlu menggunakan data dan analitik ketika menginformasikan pengambilan keputusan, mengidentifikasi tren, dan mengukur kemajuan menuju pencapaian tujuan strategis. Organisasi juga perlu mengidentifikasi sumber data yang relevan yang dapat memberikan wawasan tentang kinerja, tren pasar, perilaku pelanggan, dan tolok ukur industri organisasi. Lakukan pengumpulan data internal (misalnya, angka penjualan, umpan balik pelanggan, metrik operasional) dan data eksternal (misalnya, riset pasar, laporan industri). Analisis data dilakukan untuk mendapatkan wawasan bermakna yang dapat memandu keputusan strategis.
  • Memberikan pelatihan khusus: Pelatihan sangat penting untuk membekali individu dan tim dengan pengetahuan, keterampilan, dan alat yang diperlukan dalam mengembangkan dan menerapkan inisiatif strategis secara efektif. Pelatihan juga membantu anggota tim mempelajari cara mengumpulkan dan menganalisis data yang relevan sehingga memungkinkan pengambilan keputusan yang tepat dalam proses strategic planning.
  • Mengukur kinerja: Ukuran kinerja dalam strategic planning adalah Key Performance Indicator (KPI) atau metrik lain yang dapat mengevaluasi kemajuan mereka dalam mencapai tujuan dan tujuan strategis. Setelah itu, tetapkan target atau tolok ukur khusus untuk setiap ukuran kinerja ketika mengevaluasi kinerja organisasi terhadap tujuan strategisnya. Langkah-langkah ini membantu melacak efektivitas strategic planning dan memberikan wawasan dalam pengambilan keputusan dan perbaikan

 

Recommended Posts