STRATEGI 5Ps MINTZBERG

Untuk mempertahankan bisnis dalam jangka waktu yang panjang, organisasi memerlukan perencanaan yang matang. Perencanaan itu sendiri pada umumnya terkait dengan strategi bisnis dan merupakan serangkaian kewajiban yang perlu dijalankan agar mencapai tujuan. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk mengembangkan strategi, contohnya seperti lingkungan di mana organisasi beroperasi, para pesaingnya, nilai budaya organisasi itu sendiri, hingga karyawan yang bekerja di dalamnya. Dengan mengidentifikasi faktor yang paling mempengaruhi sebuah bisnis, organisasi akan mampu menentukan langkah-langkah strategis untuk sebuah perencanaan yang efektif.

 

Mintzberg 5Ps of Strategy

Sering kali, formulasi strategi menjadi tantangan para pengusaha. Hal tersebut membuat organisasi sering kali menggunakan strategi dari masa lampau atau sekadar meniru strategi organisasi lainnya (Mintzberg, 1994). Oleh karena itu, Henry Mintzberg, seorang ahli manajemen, menawarkan sebuah alat yang dapat digunakan untuk membangun strategi, yaitu Mintzberg 5Ps of Strategy. Alat ini terdiri dari lima pendekatan yang berbeda terhadap strategi: Plan, Ploy, Pattern, Position, dan Perspective.

PLAN

Perencanaan merupakan kompetensi yang wajib dimiliki seorang manajer. Oleh karena itu, perencanaan menjadi langkah awal untuk proses formulasi strategi. Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam proses perencanaan, seperti brainstorming, diskusi, think tank, dan lain sebagainya. Untuk membantu organisasi membangun perencanaan yang matang, ada beberapa alat yang dapat digunakan, seperti PESTEL, SWOT Analysis, dan lain sebagainya.

PLOY

Untuk mendukung perencanaan, organisasi perlu menjadi lebih baik dari kompetitor. Pada umumnya, organisasi dapat mengimplementasikan taktik yang bertujuan untuk mempengaruhi, mengganggu, menghambat, atau bahkan melumpuhkan kompetitornya. Dalam perspektif ini, organisasi dapat melancarkan strategi berupa ekspansi, untuk mengancam kompetitor agar tidak mengambil pangsa pasar yang sama. Adapun beberapa alat yang dapat digunakan organisasi, seperti Analisis Skenario, Analisis Dampak, dan lain sebagainya

PATTERN

Pada pendekatan pattern, organisasi melihat perencanaan di masa lalu dan menyesuaikannya dengan perencanaan masa kini. Terkadang, kebiasaan organisasi juga dapat menjadi strategi yang baik. Misalkan, organisasi secara konsisten memberikan pelayanan yang memuaskan pada pelanggannya. Pola yang baik ini memberikan keunggulan strategis bagi organisasi.

POSITION

Pendekatan ini adalah tentang bagaimana organisasi memosisikan dirinya dalam pasar. Dengan demikian, strategi yang dibangun dapat membantu organisasi untuk mengeksplorasi kecocokan antara organisasi dan lingkungannya sehingga dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang bertahan lama. Pada umumnya organisasi menggunakan 5 Forces sebagai alat untuk menganalisis posisi organisasinya dalam industri sejenis.

PERSPECTIVE

Strategi organisasi juga tidak lepas dari pengaruh budayanya. Pola pikir akan membentuk perspektif organisasi dalam memilih strateginya. Misalkan, organisasi yang agile cenderung mendorong inovasi untuk memuaskan pelanggannya.

 

Implementasi 5Ps

Mintzberg 5Ps of Strategy dapat digunakan sebagai alat formulasi strategi karena alat ini mempertimbangkan semua kelebihan, kekuatan, kompetensi, dan kemampuan organisasi. Jika hendak mengimplementasi Mintzberg 5Ps of Strategy, organisasi dapat membayangkannya sebagai lima sudut pandang untuk membentuk strategi. Karena strategi bukan hanya berbicara tentang perencanaan saja, organisasi juga membutuhkan sudut pandang lainnya untuk membentuk strategi yang lebih kuat.

Berikut adalah tiga poin penting dalam menggunakan Mintzberg 5Ps of Strategy:

  1. Ketika mengumpulkan informasi dan menganalisis pengembangan strategi, pastikan semua data dan proses relevan.
  2. Ketika ide awal muncul, ujilah untuk memastikan bahwa ide tersebut realistis, praktis, dan kuat.
  3. Ketika memeriksa dan mengembangkan strategi, eliminasi hal-hal yang inkonsisten dan belum sepenuhnya dipertimbangkan dari perencanaan strategi organisasi.

Referensi:
Michele, Midgie, Mind Tools Content Team, Mind Tools Content Team, & Mind Tools Content Team. (n.d.). Mintzberg’s 5Ps of Strategy: Improving the Robustness of Your Strategy. Retrieved from https://www.mindtools.com/pages/article/mintzberg-5ps.htm