Stages of Strategic Management

Strategic management merupakan serangkaian keputusan dan tindakan yang menghasilkan perumusan dan implementasi rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran Perusahaan (Pearce II & Robinson, 2010). Strategic management memberikan arah yang jelas karena membantu organisasi menentukan tujuan dan sasaran jangka panjangnya, memandu pengambilan keputusan yang relevan, dan alokasi sumber daya yang efektif. Secara keseluruhan, Strategic management adalah proses dinamis dan berulang yang membantu organisasi berkembang dalam lingkungan bisnis yang kompleks dan kompetitif. Ini adalah alat yang akan mendukung organisasi untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, mempertahankan keunggulan kompetitif, dan memenuhi visi dan misi organisasi.

Berikut tiga tahap dalam mengimplementasi strategic management:

  1. Strategy Formulation: Tahap perumusan strategi adalah fase kunci pertama proses strategic management. Pada tahap ini, organisasi mengidentifikasi dan mengembangkan strateginya untuk mencapai tujuan dan sasaran jangka panjangnya. Perumusan strategi melibatkan, analisis lingkungan internal dan eksternal organisasi sertamenghasilkan berbagai opsi strategis untuk menentukan tindakan terbaik. Tahap perumusan strategi berfungsi sebagai proses pembuatan keputusan yang mengarah pada kesuksesan jangka panjang organisasi. Ini membutuhkan pemahaman menyeluruh tentang kemampuan internal organisasi, lingkungan eksternal, dan keselarasan dengan visi dan misinya.
  2. Strategy Execution: Eksekusi strategi adalah proses penerapan/implementasi strategi yang dipilih dan rencana tindakan yang dikembangkan selama tahap perumusan strategi. Organisasi mulai menerjemahkan tujuan dan sasaran strategis ke dalam tindakan, inisiatif, dan proyek tertentu, kemudian secara efektif dan efisien mengelola upaya ini di seluruh organisasi. Eksekusi strategi yang sukses sangat penting untuk mencapai hasil yang diinginkan dan mewujudkan visi organisasi. Eksekusi strategi yang efektif membutuhkan kepemimpinan yang kuat, komunikasi yang jelas, kolaborasi, serta pemantauan dan evaluasi yang berkelanjutan. Ini adalah proses yang krusial, dinamis, dan berulang, yang menuntut komitmen dan ketekunan oleh semua tingkatan organisasi.
  3. Strategy Evaluation: Evaluasi adalah fase akhir, namun tidak kalah penting dengan proses manajemen strategis lainnya. Organisasi harus menilai efektivitas strategi yang diterapkan dan menentukan sejauh mana mereka telah mencapai hasil dan tujuan yang diinginkan. Evaluasi strategi bertujuan untuk mengidentifikasi apakah organisasi mencapai tujuan strategisnya dan apakah perlu ada penyesuaian untuk memastikan kesuksesan yang berkelanjutan. Evaluasi ini memberikan umpan balik yang berharga bagi organisasi, memandu pengambilan keputusan dan perencanaan strategis di masa kini dan depan. Evaluasi strategi yang teratur dan komprehensif menjadi krusial untuk kepastian pertumbuhan dan kesuksesan yang berkelanjutan dalam lanskap bisnis yang terus berkembang.

 

Referensi:
https://www.coursera.org/articles/strategic-management
https://asana.com/resources/strategic-management-stages
https://miro.com/blog/strategic-management-process/

Recommended Posts